المُطَالَعَةُ
الْجَيِّدَةُ
إِنَّ
الْغَرْضَ مِنْ دُرُوْسِ الْمُطَالَعَةِ هُوَ تَعْوِيْدُ التَّلاَمِيْذِ فَهْمَ
مَا يَقْرَؤُوْنَ مِنَ الْكُتُبِ وَ غَيْرِهَا فَهْمًا جَيِّدًا سَرِيْعًا مِنْ
غَيْرِ كَدٍّ أَوْ مَشَقَّةٍ، ثُمَّ جَوْدَةُ النُّطْقِ وَ حُسْنُ الْإِلْقَاءِ
حَتَّى يَسْهُلَ عَلى السَّامِعِ أَيْضًا فَهْمَ الْآرَاءِ و الْمَعَانِى الَّتِى
يُرَادُ تَوْصِيْلُهَا إِلَيْهِ، فَيَجِبُ إِذَنْ أَنْ تَتَوَافَرَ فِى ذَالِكَ
الشُّرُوْطُ الآْتِيَةُ :
١ إِخْرَاجُ الْحُرُوْفِ مِنْ مَخَارِجِهَا
الصَّحِيْحَةُ
٢نُطْقُ الْكَلِمَاتِ وَ الْعِبَارَاتِ
الْقَائِمَةِ بِنَفْسِهَا دَفْعَةً وَاحِدَةً وَ فَصْلُهَا عَنْ غَيْرِهَا حَسْبِ
الْمَعْنَى مِنْ غَيْرِ التَّرَدُّدِ وَ التِّكْرَارِ. إِنَّ عَلاَمَاتِ الْوَقْفِ
خَيْرٌ مُعَيَّنٌ عَلَى ذَالِكَ
٣تَنْوِيْعُ
الصَّوْتِ بَيْنَ رَفْعٍ وَ خَفْضٍ، وَ شِدَّةٍ وَلِيْنٍ، بِحَسْبِ
الْمُنَاسِبَاتِ بِشَرْطٍ أَنْ يُظْهِرَ الْقَارِئُ مَا يَدُلُّ عَلَى شُعُوْرِ
الْكِتَابِ مِنْ فَرَحٍ أَوْ حُزْنٍ أَوْ فَخْرٍ أَوْ حُمَّاسٍ أَوْ تَعَجُّبٍ
٤الْإِعْتِدَالُ فِى الصَّوْتِ حَتَّى لاَ
يَكُوْنَ جَهْرِيَّا مُزْعِجًا أَوْ خَافَتًا
٥الْإِعْتِدَالُ فِى السُّرْعَةِ فَيَجِبُ أَنْ
لاَتَكُوْنَ الْقِرَاءَةُ بَطِيْئَةٌ فَيُمَلِّهَا السَّامِعُ وَلاَسَرِيْعًا
فَلاَ يَتَمَكَّنُ مِنْ إِحْسَانِ فَهْمِهَا
٦مُلاَحَظَةُ الْمَدِّ والْإِدْغَامِ والْقَلَبِ
وَالْإِخْفَاءِ وَالْوَقْفِ
(محمد
يونس و قاسم بكر، التربية و التّعليم الجزء الثّالث)
المُفْرَدَاتُ
عَوَّدَ-يُعَوَّدُ-تَعْوِيْدٌ
:
كَدَّ-يَكِدُّ-كَدٌّ
:
شَقَّ-يَشُقُّ-شِقَّةٌ-وَمَشَقَّةٌ
:
جَادَ-يَجُوْدُ-جَوْدَةٌ
:
نَطَقَ-يَنْطَقُ-نُطْقٌ
:
تَوَافَرَ-يَتَوَافَرُ
:
نَوَّعَ-يُنَوِّعُ
:
مَلَّى-يُمَلِّى
:
MEMBACA YANG BENAR
Sesungguhnya
tujuan dari pelajaran muthola’ah yaitu membiasakan murid untuk memahami apa
yang mereka baca dari kitab dan selainnya, dengan pemahaman yang benar dan
cepat tanpa jerih payah, kemudian memperbarui perkataannya dan memperbaiki
penyampaiannya sehingga pendengar juga mudah memahami ide pokok serta makna
yang dia harapkan. Oleh karena itu harus mencangkup syarat-syarat berikut :
1. Mengeluarkan
huruf dari makharijul hurufnya yang benar.
2. Mengucapkan
kata per kata serta ungkapan-ungkapan yang sesuai dengan artinya, sehingga tak
berbelit-belit dan mengulang-ngulang. Karena sesungguhnya tanda-tanda waqaf itu
lebih baik ditentukan.
3. Meragamkan
suara diantara yang tinggi, rendah, kuat dan lemah yang sesuai dengan
syaratnya, dan pembaca harus menampakkan apa yang dirasakan kitab seperti
bahagia, sedih, bangga, semangat dan takjub.
4. Sedang
suaranya sehingga tidak terlalu keras, mengagetkan atau menakutkan.
5. Sedang
kecepatannya, oleh karena itu bacaan tidak boleh lambat, sehingga pendengar merasa bosan dan
tidak boleh cepat, sehingga tidak memungkinkan baik dalam pemahamannya.
6. Menjaga
bacaan mad, idhghom, iqlab, ikhfa’, dan waqaf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar